DARAH [dari] SIGALUH

Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya. Donor darah adalah proses dimana penyumbang darah secara suka rela diambil darahnya untuk disimpan di bank darah, dan sewaktu-waktu dapat dipakai pada transfusi darah. Hanya dengan melakukan donor darah kita dapat berkontribusi untuk manusia dan kemanusiaan dengan cara yang sangat mudah serta memberikan manfaat yang sangat besar bagi kita walau tidak secara langsung saat itu juga. “Tidak ada manfaat langsung menjadi donor darah. Namun dengan mendonorkan darah secara rutin setiap tiga bulan sekali, maka tubuh akan terpacu untuk memproduksi sel-sel darah baru, sedangkan fungsi sel-sel darah  merah adalah untuk oksigenisasi dan mengangkut sari-sari makanan. Dengan demikian fungsi darah menjadi lebih baik sehingga donor menjadi SEHAT. Selain itu, kesehatan pendonor akan selalu terpantau karena setiap kali donor dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan lewat darah.” terang PMI Cabang Yogyakarta.

Aksi sosial donor darah memang bukan sesuatu hal yang baru di SMA Negeri 1 Sigaluh, Banjarnegara. Pada bulan-bulan tertentu setiap tahunnya, para anggota PMR selalu memotori kegiatan ini. Akan tetapi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Selasa (22/02/2011), di SMAN 1 Sigaluh, digelar aksi donor darah yang diorganisir oleh mahasiswa KKN UAD dengan bantuan dari anggota PMR setempat. Alhasil dengan metode sosialisasi yang baru, yang dibawa mahasiswa KKN, diperoleh jumlah kantong darah jauh lebih banyak dari pada tahun-tahun sebelumnya.

“Ini kali pertama banyak yang donor, biasanya hanya didapatkan kurang dari 20 kantong darah,” kata Nurudin, Kepala Tata Usaha SMAN 1 Sigaluh.

Aksi sosial donor darah semacam ini perlu mendapat apresiasi dan penghargaan yang sebesar-besarnya. Janganlah kita mematahkan semangat jiwa-jiwa sosial yang mulai tumbuh pada anak-anak generasi bangsa ini. Dengan setetes keikhlasan kita mendonorkan darah, akan memberikan sejuta harapan kepada mereka yang membutuhkan.

KKN UAD 2011

Div. I.D.2

SMAN 1 Sigaluh, Banjarnegara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *